Ini Dia 3 Tips untuk Bikin Proyektor Awet!

Segala sesuatu pasti di mulai dari hal kecil. Sepertihalnya perawatan sebuah proyektor. Karena pada dasarnya kerusakan besar pasti dimulai dari hal sederhana. Maka dari itu kita akan membagi tips agar proyektor awet atau bisa dibilang sebagai pencegah kerusakan proyektor. Sering sekali kita mengabaikan hal kecil yang mungkin sangat memicu kerusakan pada sebuah proyektor, entah tidak tahu, tidak sempat, acuh, ataupun tak peduli. Padahal dari hal sesederhana ini yang akan membuat proyektor lebih awet.

Ini dia Tips supaya Proyektor Tetap Awet!

Menghindari aliran muatan listrik statis

Muatan listrik statis (ESD = Electrical Static Discharge) sering timbul pada peralatan elektronik yang tidak memiliki jalur grounding pada kaber powernya seperti TV, DVD Player, Notebook, dll. Entah dari kebocoran pcb maupun komponen electronic yg menyambung ke cover atau lainya. Dan pada akhirnya merambat ke proyektor melalui kabel input yang dihubungkan. Hal ini juga bisa membuat orang kesetrum, atau terbakarnya rangkaian input proyektor karena terkena tegangan statistik tersebut.

Tips pencegahannya seperti ini agar proyektor yang kita miliki itu tambah awet.
Lakukan instalasi kabel penghubung dari proyektor ke peralatan sumber atau media yang digunakan, kemudian hubungkan kabel power proyektor ke stop kontak. Dan lebih baik jika stop kontak yang di gunakan mempunyai jalur arde atau ground. Kemudian baru hubungkan power peralatan sumbernya. Setelah itu hidupkan proyektor, baru hidupin peralatan sumbernya. Dan untuk mematikan dilakukan dengan langkah sebaliknya.

 

Mencegah kerusakan lampu dari gangguan listrik

Terkadang sedang asyik nobar atau sedang meeting sembari memperhatikan layar dari projector, tiba tiba lampu mati karena listrik padam atau panel spedometer putus. Seringnya arus listrik yang putus atau mati mendadak akan berpengaruh pada umur lampu proyektor, terutama jika proyektor sering dihidupkan dan dimatikan atau digunakan terus menerus. Pada listrik normal apabila kita mematikan proyektor dan seketika pula kita tidak bisa langsung menghidupkan karena microprosesor dalam proyektor mendeteksi suhu lampu masih panas dan menunggu lampu menjadi dingin hingga aman bagi lampu untuk menyala kembali. Waktu dingin lampu proyektor memerlukan tegangan starter sekitar 25.000 volt dan setelah panas akan menyala dengan tegangan sekitar 70 volt.

Jadi misal lampu masih panas dan terkena tegangan 25.000 volt maka lampu akan meledak dan gas akan habis. Dan pada dasarnya proyektor mati mendadak itu tidak merusak proyektor dan tidak merusak lampu, tapi karena listrik yang mati dan tiba tiba menyala kemudian di nyalakan lagi tanpa menunggu dingin itu yg menyebabkanya. Dan tipsnya agar proyektor awet adalah apabila proyektor mati mendadak karena listrik mati kemudian hidup lagi , sebaiknya dibiarkan saja proyektor dalam keadaan stanby/ tidak menyala selama minimal 2 menit supaya lampu dingin, dan setelah itu baru dihidupkan lagi.

 

Membersihkan saringan udara atau air filter

Proyektor membutuhkan aliran udara untuk mendinginkan mesin, lampu, dan rangkaian elektronik bagian dalam proyector. Di dalam proyektor sedikitnya ada 3 buah kipas yang menjamin sirkulasi udara lancar. Agar bagian dalam proyektor ini tetap bersih maka dipasanglah filter atau saringan udara. Saringan ini perlu dibersihkan agar saluran tetap normal dan tidak buntu. Dan dalam jangka waktu pembersihan tidaklah sama, tergantung tempat yang digunakan. Kadang pada penggunaan 400 jam hingga 5000 jam sekali. Ventilasi ini menjaga agar projector tetap dingin, mesin pun bekerja secara optimal serta umur lampu jadi lebih awet dan tahan lama. Sebaliknya jika saluran buntu maka peoyektor akan panas karena tidak ada sirkulasi udara dan dapat mengakibatkan proyektor rusak hingga lampu meledak.

Saringan udara berada di bagian bawah atau samping proyektor. Mudah di buka dengan tangan dan tinggal ditarik keluar atau di tekan pengaitnya. Saringan cukup di bersihkan dengan vakum cleaner atau kuas saja, tidak perlu di cuci. Atau misal masih bingung bisa membaca buku manual atau buku petunjuk penggunaan masing masing proyektor.

Itu tadi tips agar proyektor awet, sesederhana itu tapi sangatlah penting!

Tergantung dari kitanya juga dalam merawatnya. Misal ini benar dilakukan pasti kedepan proyektor dalam keadaan yang tetap istimewa. Istimewa seperti Maxell projector. Maxell Pojector Terbaik Indonesia. Maxell, Projector Terbaik untuk Sekolah & Pendidikan.

#ProjectorterbaikdiIndonesia #Projectorterbaiksekolahdanpendidikan
#maxell #maxellprojector #maxellprojectorindonesia #projector #proyektor #bestprojector #visual #projectorlaser #proyektorlaser #laserproyektor #laser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *